Cara Mudah Merawat Cincin Tunangan Berlapis Emas

By | May 26, 2017


Sebuah pertunangan merupakan kabar bahagia baik itu untuk keluarga dan sahabat. Tentu sahabatmu akan ikut bahagia karena momen tersebut yang sangat ditunggu para sahabat apalagi dalam kelompok persahabatan kamu yang belum menikah. Dalam acara tunangan tersebut, Anda jangan lupa mengundang keluarga dekat dan sahabat agar mereka bisa hadir di momen bahagia tersebut. Maraknya kabar kalangan artis menggelar pesta pertunangan membuat masyarakat biasa pun ikut menggelar pesta pertunangan karena menurut mereka hal seperti ini harus diabadikan.

Dalam acara pertunangan, sebagai laki-laki kamu harus mempersiapkan cincin tunangan sebagai tanda bahwa kamu serius untuk menuju ke jenjang yang lebih serius. Anda sedang mempersiapkan momen pertunangan dengan pasangan dan belum menemukan cincin tunangan yang tepat? Ya, meski cincin pertunangan pada akhirnya akan disimpan dalam kotak sebab tergantikan oleh cincin pernikahan yang akan Anda sematkan pada jari manis sang mempelai wanita selamanya.

Merawat Cincin Tunangan

Jika Anda memilih cincin pertunangan dengan lapis emas maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu cara merawat cincin emas agar lapisan emas tidak mudah pudar seperti berikut ini:

1. Lepas cincin tunangan lapis emas Anda saat berlibur ke pantai atau kolam renang

Air laut mengandung garam sedangkan air kolam renang mengandung kaporit atau klorine yang mampu membuat cincin Anda tampak kusam dan pudar bila terkena dua jenis zat ini. Lebih baik hindari terkena air ini. Jika memang aktivitasmu suka berenang, lebih baik cincin tunangan di lepas untuk mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan.

2. Simpan dengan baik

Meski tidak digunakan lagi karena telah tergantikan dengan cincin nikah bukan berarti Anda lantas mengabaikannya. Sebaiknya Anda menyimpannya dalam kotak perhiasan yang tertutup rapat. Cincin dengan logam mulia apalagi logam tersebut merupakan emas. Emas bisa menjadi investasi dimasa depan. Jadi, dalam menyimpannya harus hati-hati. Apalagi jika cincin tersebut dilengkapi dengan berlian yang sangat mahal harganya.

3. Segera bersihkan jika kotor

Kotoran yang terlalu lama mengendap pada cincin pertunangan akan membuat cincin mudah rusak dan kehilangan keindahan. Apalagi jika Anda kerap menggunakan lotion di tangan yang membuat cincin menjadi lebih kusam.

Tips mudah merawat cincin tunangan lapis emas tersebut bisa Anda praktekkan agar cincin tunangan awet dan tahan lebih lama. Namun, bagi laki-laki muslim yang dilarang memakai cincin berlapis emas maka tak ada salahnya menjatuhkan pilihan pada cincin dari bahan palladium. Dewasa ini, banyak sekali pasangan yang menggemari sepasang cincin dari bahan palladium karena memiliki kelebihan tersendiri dibanding logam mulia lain.

Palladium banyak dipilih sebab sama seperti jenis logam lain seperti perak atau emas yaitu tahan terhadap korosi dan oksidasi serta memiliki ketahanan yang kuat. Jika Anda ingin menghemat budget dan mengalihkan pada persiapan pernikahan maka tak ada salahnya memilih cincin dari bahan palladium yang memang memiliki harga yang lebih murah dibanding dengan emas. Jika memang ingin membuat cincin couple, kamu dan pasangan bisa memilih bahan masing-masing. Tidak ada salahnya jika pasangan perempuan memakai cincin dengan bahan emas sedangkan pasangan laki-laki memakai bahan palladium.

Namun, sekarang ini banyak cincin yang mengkombinasikan dua bahan logam mulia tersebut. Cincin palladium yang memiliki desain sederhana pun bisa dilapisi emas murni yang akan mempercantik tampilan cincin pertunangan Anda. Nah, Anda mau pilih mana untuk melengkapi momen pertunangan Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *