Asmaul Husna dan Pentingnya Mengenalkan Asmaul Husna Sejak Dini

By | September 18, 2017

Keimanan harus ditanamkan pada anak sejak dini. Untuk itu, sebagai orang tua Anda harus mulai mengenalkan Allah pada anak. Salah satunya adalah dengan sering membacakan atau memperdengarkan asmaul husna pada anak. Tidak perlu berharap anak akan langsung menghafalnya. Yang penting anak terbiasa mendengar nama-nama baik Allah tersebut.

Usia anak-anak adalah periode dimana anak akan mampu merekam dan menyerap semua informasi yang mereka dapatkan dari lingkungan sekitarnya. Inilah mengapa Anda harus benar-benar memberikan stimulus yang tepat bagi anak. Jangan sampai anak mendapat stimulus negatif, sebab anak belum mampu membedakan mana yang baik dan tidak. Sehingga harus dipastikan bahwa anak berada di lingkungan yang baik untuk mendukung daya tumbuh kembangnya.

fokusjabar.com

Untuk mengenalkan agama maupun asmaul husna kepada anak tidak perlu menunggu anak masuk usia sekolah. Bahkan sungguh beruntung jika selama ini Anda sudah sering membacakan asmaul husna ketika anak masih dalam kandungan. Tapi, apabila tidak, Anda bisa memulainya sekarang. Ya, sejak anak Anda lahir, Anda bisa langsung membacakan dan memperdengarkan ayat-ayat Allah, bacaan dzikir hingga asmaul husna tersebut.

Terlebih saat anak memasuki golden age atau periode emas. Dimana pada usia ini otak bekerja lebih optimal dan apa-apa yang diterima anak pada usia ini akan tersimpan dalam memori anak, bahkan hingga anak dewasa nanti. Selain memberikan stimulus untuk motoriknya, Anda juga harus mengimbanginya dengan menanamkan nilai spiritualitas pada anak. Yakni dengan sering-sering mengajak anak untuk mengucapkan asmaul husna bersama.

Anak memang terlihat biasa saja ketika mendengar Anda mengucapkan asmaul husna, tapi di sisi lain anak sedang merekam apa-apa yang didengar. Bahkan kalau Anda mau memperhatikan, sesekali anak akan merespon dengan senyuman, kedipan dan cara-cara khas anak kecil lainnya.

Anak adalah amanah dari Allah SWT. Jadi sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk merawat, melindungi dan mendidik anak dengan baik. Untuk itu, pastikan bahwa Anda tidak hanya memberikan waktu untuk anak, melainkan juga mengedukasi anak dengan memberikan stimulus yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *